Langkah Pencegahan Covid-19 saat Menaiki Transportasi Umum

370

Transportasi umum rentan terhadap penularan infeksi virus corona. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum.
Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindari dari virus corona saat menggunakan transportasi umum.

Gunakan masker dan bawa hand sanitizer
Sejak awal Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi, masker dan mencuci tangan selalu disebut sebagai cara ampuh penularan virus. Untuk itu, gunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, termasuk saat menggunakan transportasi umum .Jangan lupa pula untuk selalu membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70 persen sebagai pengganti sabun antiseptik dan air mengalir untuk mencuci tangan.

Hindari menyentuh pintu atau pegangan atau gunakan sarung tanganVirus corona juga diketahui bisa menular melalui droplet yang tertinggal di permukaan benda-benda mati. Hindari menyentuh pintu atau pegangan dengan telapak tangan.
Sebagai langkah aman, Anda bisa menggunakan sarung tangan saat bepergian dengan transportasi umum.

Jaga jarak antar-penumpang
Anda harus tetap menjaga jarak dengan penumpang lain selama berada di dalam transportasi umum. Jaga jarak setidaknya minimal 1 meter.

Jangan berbagi makanan dan minuman
Tak ada salahnya memang untuk berbagi makanan ke sesama penumpang. Namun, di tengah pandemi ini, Anda disarankan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Jangan berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama.

Beristirahat
Alih-alih sibuk dengan gawai, gunakan waktu perjalanan Anda untuk beristirahat. Tubuh tentu membutuhkan istirahat di tengah padatnya aktivitas.

Konsumsi makanan bergizi dan air mineral
Seiring dimulainya kembali berbagai aktivitas, Anda perlu menjaga tubuh tetap sehat. Pertahankan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi dan penuhi kebutuhan air mineral harian sebelum naik transportasi umum

You might also like More from author