BIAR JALAN AMAN! PASANG GUARDRAIL!

Di wilayah Kabupaten Banjar masih terdapat lokasi jalan yang sekiranya berupa jurang ataupun sungai. dengan kondisi demikian maka perlu diberikan pengamanan untuk jalan-jalan yang berbahaya tersebut.

Guardrail atau pagar pengaman jalan adalah salah satu sistem yang ditempuh untuk pengamanan orang atau kendaraan yang terbuat dari rail besi sebagai pagar pada jalan-jalan yang berbahaya seperti pegunungan, sungai, jurang, dll. fungsinya adalah sebagai pelindung agar kendaraan yang melewatinya terlindungi dari terjatuh ke sungai/jurang dll.

Manfaat pagar pengaman jalan (guardrail untuk memperingatkan pengemudi bakal ada bahaya (jurang) serta membuat perlindungan pengguna jalan supaya tidaklah sampai terjerumus.

Pada tahun 2019 ini Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar telah melaksanakan survey wilayah yang berpotensi rawan terjadinya kecelakaan. ada dua wilayah yang telah di survey yaitu pada kecamatan pengaron dan kecamatan martapura kota.

Kasi Fasilitas Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Riyantoni, SE mengatakan “terdapat beberapa titik rawan kecelakaan yang menjadi perhatian bagi kami sebagai penyedia sarana dan prasarana lalu lintas. pada tahun ini kami telah menyiapkan pemasangan guardrail pada titik yang telah kami laksanakan survey. Untuk lebih lanjut hal ini akan menjadi keputusan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar”.

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar merupakan instansi yang bertugas untuk menyediakan sarana dan parasarana lalu lintas khususnya dalam wilayah hukum Kabupaten Banjar.