Pentingnya Peranan Rambu Lalu Lintas di Jalan, Untuk Meningkatkan Keselamatan Pengguna Jalan

231

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Rambu lalu lintas yaitu suatu bagian dari fasilitas jalan umum yang berupa lambang, huruf, angka, dan kalimat yang di dibuat menggunakan memakai papan dan sejenisnya yang ada di pinggir jalan.

Supaya bermanfaat setiap waktu, material untuk tiang dan papan rambu lalu lintas yaitu yang dapat memantulkan sinar atau cahaya ketika saat keadaan gelap. Dengan maksud tujuan yaitu agar pengendara yang melalui jalan bisa tetap melihat simbol rambu lalu lintas yang sudah terpasang walaupun kondisi gelap.

Fungsi Rambu Lalu Lintas

Pada intinya fungsi rambu lalu lintas adalah untuk mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. Jika di spesifikasi lagi fungsi dari rambu lintas adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memberikan informasi kondisi jalan.
  2. Memberikan informasi keadaan lalu lintas.
  3. Untuk mendukung kampanye keselamatan lalu lintas.
  4. Sarana informasi saat sedang ada perbaikan jalan.

Fungsi-fungsi di atas adalah faktor-faktor yang bisa mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. Jadi, rambu lalu lintas merupakan hal yang bermanfaat bagi pengendara atau pengguna jalan.

Apabila melihat secara realita, banyak pengendara yang dengan sengaja suka melanggar rambu lalu lintas yang ada, semua itu disebabkan karena keegoisan si pengendara. Maka wajar saja apabila masih banyak terjadi kecelakaan.

Oleh sebab itu, kita sangat perlu meningkatkan kesadaran diri saat berkendara, dan taat untuk mengikuti peraturan rambu lalu lintas yang sudah ada. Supaya kita bisa paham dan tahu ketika menemui rambu-rambu seperti rambu peringatan, rambu perintah, rambu larangan dan rambu petunjuk. Maka tidak ada salahnya saat ada waktu luang kita belajar mengetahui semua tentang rambu-rambu lalu lintas dan artinya. Karena berkendara itu sangat beresiko terhadap keselamatan nyawa kita.

You might also like More from author