Lampu Utama Kendaraan Terlalu Tinggi Membuat Silau Dan Mengganggu Pengguna Jalan Lainnya

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Menggunakan lampu utama kendaraan (di depan) dengan cahaya yang begitu tinggi dan sama sekali tidak mencerminkan etika dan empati sebagai pengguna jalan. Lamu tersebut bisa mengganggu dan menyilauka pengguna jalan lain dari jalur sebaliknya.

“Sesuai dalam PP No.55 Tahun 2012 yang mengacu pada Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 3 tentang sistem lampu dan alat pemantul cahaya, disebutkan warna lampu yang diperbolehkan,”

Adapun Ketentuan mengenai lampu kendaraan secara rinci meliputi:

  1. Lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda.
  2. Lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda.
  3. Lampu penunjuk arah berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.
  4. Lampu rem berwarna merah.
  5. Lampu posisi depan berwarna putih atau kuning muda.
  6. Lampu posisi belakang berwarna merah.
  7. Lampu mundur dengan warna putih atau kuning muda, kecuali untuk kepeda motor.
  8. Lampu penerangan tanda nomor kendaraan bermotor di bagian belakang berwarna putih.
  9. Lampu isyarat peringatan bahaya berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.
  10. Lampu tanda batas dimensi kendaraan bermotor, berwarna putih atau kuning muda, untuk kendaraan bermotor yang lebarnya lebih dari 2.100 mm untuk bagian depan, dan berwarna merah untuk bagian belakang.
  11. Alat pemantul cahaya berwarna merah, yang ditempatkan pada sisi kiri dan kanan bagian belakang kendaraan Bermotor.

Pengumuman Penerimaan Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Tahun 2019 (Kementerian Perhubungan Pola Pembibitan)

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID — Pengumuman Nomor : B/393/S.SM.01.00/2019 tentang Penerimaan Calon Siswa-Siswi/ Taruna-Taruni pada Kementerian/ Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2019 yaitu diantaranya adalah :

  1. Kemenkeu / PKN STAN
  2. Kemendagri / IPDN
  3. BSSN / STSN
  4. Kemenkumham / POLTEKIP dan POLTEKIM
  5. BIN / STIN
  6. BPS / POLITEKNIK STATIKA
  7. BMKG / STMKG
  8. Kemenhub / 11 SEKOLAH TINGGI, POLTEK dan AKADEMI

Berdasarkan hal tersebut diatas Dinas Perhubungan melalui Kementerian Perhubungan membuka Penerimaan calon Taruna – Taruni Pola Pembibitan di Sekolah – Sekolah Kedinasan dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar adalah Salah satu Dinas diwilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah melakukan Kerjasama (MoU) dengan pihak Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi untuk merekrut Putra Putri Terbaik di Wilayah Kabupaten Banjar untuk dapat mengikuti pendidikan yang diselenggarakan dan nantinya setelah lulus akan ditempatkan kembali ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan Banjar telah melakukan kerjasama (MoU) dengan pihak Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi sejak Tahun 2015 yang merupakan satu-satunya Dinas Perhubungan di Provinsi Kalimantan Selatan yang melakukan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) untuk perekrutan taruna baru (Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar yang pertama Kali di Kalimantan yang Mengadakan MoU tersebut), sejak tahun itu pula sampai sekarang Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar baru menerima 3 Lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan 5 Taruna yang masih menjalani pendidikan di Sekolah tersebut.

Sehingga Kami masih memerlukan banyak lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat yang berkompeten untuk memenuhi kebutuhan SDM kami. Masih banyak peluang bagi putra putri Terbaik Kabupaten Banjar yang ingin mengabdikan dirinya sebagai ASN dibidang Perhubungan, Tidak usah diragukan lagi karena Sekolah Kedinasan ini merupakan Ikatan Dinas dan akan ditempatkan kembali ke daerah masing-masing setelah lulus mengikuti Pendidikan nanti dan nanti akan diusulkan menjadi ASN/PNS. Jangan sia-siakan kesempatan ini sampai sekarang sudah 140 lebih Pemprov,Pemko dan Pemkab yang telah melakukan kerjasama untuk perekrutan Taruna-Taruni Perhubungan. Bersiaplah Putra Putri Terbaik Kabupaten Banjar untuk mendaftarkan diri.

Pendaftaran dilakukan secara Online, untuk info lebih lanjut dan jelasnya dapat mengunjungi portal sipencatar kementerian perhubungan https://sipencatar.dephub.go.id/

Jangan Memberikan Kebebasan Kepada Anak Yang Masih Dibawah Umur dan Belum Memiliki SIM

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID —  Perlu pertimbangan yang matang dari pihak orang tua sebelum mengijinkan remaja mengendarai kendaraan pribadi, baik motor atau mobil di jalan raya. Apakah itu memberi pembekalan pengetahuan tentang arti tanda atau simbol-simbol dari marka jalan.

“Memfasilitasi remaja dengan kendaraan tidak sepenuhnya buruk. Namun, dengan memperhitungkan banyak hal, sebaiknya mengijinkan mereka mengendarai kendaraan setelah mereka memiliki SIM,

Dikatakan, kemudahan mendapatkan fasilitas berupa kendaraan baik roda dua maupun roda empat, seperti memakan buah simalakama. “Kesibukan orang tua bekerja sering menjadi alasan tidak dapat mengantar jemput anaknya ke sekolah,” kata dia.

Sementara,anak remaja yang harus berangkat pagi ke sekolah memilih untuk mengendarai sendiri kenderaan tanpa memahami hal-hal dasar saat mengendarai kenderaannya.

Oleh karena itu, masyarakat khususnya orang tua jangan terlalu mudah mengizinkan anak-anaknya naik kendaraan sendiri baik roda dua atau roda empat. Tunggu sampai dewasa dan mereka memiliki SIM sendiri baik A atau C.

Mengendarai kendaran di jalan raya butuh kemampuan teknis dan nonteknis yang memadahi. Tahu arti dan makna rambu-rambbu sekaligus susah dewasa dan mampu mengendalikan diri di jalan raya.

PERDANA Digunakan Pengawalan Kendaraan Patwal Roda 2 Milik Dishub Banjar

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID — Pelaksanaan MTQ Nasional ke 43 tingkat Kabupaten Banjar di Kecamatan Tatahmakmur sukses digelar dari Rabu 27 Maret 2019.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur yang juga Ketua Umum LPTQ Kabupaten Banjar hadir dalam pembukaan  MTQ Nasional ke 43 tingkat Kabupaten Banjar.

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Banjar, H Nasrun Syah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Camat Tatahmakmur selaku Ketua Pelaksana MTQ Nasional ke 43 tingkat Kabupaten Banjar, para camat se Kabupaten Banjar.

Pada Kunjungan Kerja ini Bupati Banjar beserta rombongan yang hadir dikawal oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar dengan menggunakan Kendaraan Patwal Baru Roda 2 milik Dishub Banjar.

Dikatakan Salah Satu Staf Dishub Banjar M. Rafiq pada pengawalan ini merupakan pengawalan PERDANA Dishub Banjar menggunakan motor sport yang baru dimiliki Dishub Banjar 25 Maret kemarin.

Iring-iringan Pengawalan dilakukan mulai dari rumah kediaman Bupati Banjar dengan mengutamakan ketepatan waktu dengan Gagahnya Pengawalan Dishub paling dengan menggunakan motor sport.

Dengan tepat waktu serta aman rombangan iring-iringan Bupati Banjar sampai dilokasi kegiatan di Kecamatan Tatah Makmur pada Pembukaan MTQ ke-43 Kabupaten Banjar ini.

Dilansir dari kegiatan Pemkab Banjar memang dirasa Butuh dengan mempinyai Kendaraan Patwal roda dua ini, karena kunjungan kerja yang dilakukan Bapak Bupati ataupun para pejabat Kabupaten Banjar bisa tepat waktu dan juga aman, sehingga diharapkan mungkin kedepannya bisa lebih ditambah untuk kepunyaan Kendaraan Patwal roda 2 ini.

Bentuk Tim Gabungan Penegakan Hukum dan Lakukan Operasi Sisir Terhadap Baliho/Reklame

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID —  Banyaknya baliho reklame yang terpasang dijalan raya yang tidak memiliki izin. Padahal baliho tersebut sudah beberapa bulan berdiri dan tak melengkapi perizinannya.

“Dari laporan tersebut lah, Bupati Banjar H. Khalilurrahman memerintahkan Satpol PP dan kantor Perizinan untuk melakukan pengecekan dan operasi pada baliho reklame yang tidak mengantongi izin dimaksud,”

Sesuai perintah tersebut maka Kantor Perizinan (DPMPTSP) Kabupaten Banjar membentuk Tim Gabungan dari Satpol PP, dan juga Dishub untuk melakukan operasi sisir reklame yang berada di wilayah Kabupaten Banjar.

Tim Gabungan tersebut akan melakukan evaluasi terhadap semua baliho yang ada di Kabupaten Banjar, sesuai tugasnya sebagai penegak peraturan daerah. Termasuk mengecek reklame mana saja yang bermasalah.

Operasi sisir gabungan tersebut dilakukan dalam beberapa hari untuk menjangkau seluruh baliho reklame yang ada di wilayah Kabupaten Banjar.

“Baliho yang kedapatan tidak mengantongi izin akan diproses secara hukum yang berlaku dan juga akan memberi sanksi yang tegas pada pelanggarnya”

Inovasi Aplikasi Transparansi di Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Banjar, Mendapat Apresiasi oleh Ombudsman Kalsel

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID — Dinilai melakukan inovasi yang layak menjadi contoh bagi instansi lainnya, Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan, memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar.

Inovasi yang sudah dilakukan adalah membuat aplikasi yang menayangkan transparansi pendapatan daerah pada Unit Pengujian Kendaraan Bermotor, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar.

Aplikasi ini memungkinkan bagi semua orang mengetahui setiap waktu pendapatan daerah dari layanan unit pengujian kendaraan. Terutama memudahkan bagi kepala Dinas Perhubungan untuk memantau hasil pendapatan setiap hari, tanpa harus menanyakan atau meminta laporan. Hasil tersbut dapat segera dilaporkan kepada pimpinan daerah.

Sehingga mengurangi potensi pungli atau penggelapan atas pendapatan daerah. Dinas ini juga melakukan kerjasama dengan Bank Kalsel, dimana penerimaan setiap hari, langsung disetor ke bank Kalsel dan tidak pernah diedapkan.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid mengatakan, Apresiasi seperti ini biasa diberikan oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan, untuk memotivasi pelayanan publik yang bersungguh-sungguh memperbaiki layanannya. Diharapkan menjadi inspirasi atau contoh bagi layanan publik lainnya untuk juga mengembangan inovasi ke arah yang lebih baik, dan pelayanan publik menjadi lebih mudah, murah dan membawa kemajuan bagi daerah.

“Bentuk apresiasi yang diberikan Ombudsman adalah dengan menyampaikan surat atau piagam apresiasi. Mungkin ini tidak ada nilainya, namun memberikan penghargaan atas upaya yang sudah dilakukan, sehingga menambah semangat agar terus melakukan inovasi dan menjadi contoh instansi lainnya,” katanya, Rabu (27/3).

Sebelum memberikan apresiasi, Ombudsman melihat langsung dan memonitoring layanan yang dianggap memiliki inovasi. Setelah memastikan benar-benar sesuatu yang baru dan memberikan kemudahan serta kemajuan bagi pelayanan publik, barulah Ombudsman menyampaikan surat apresiasi.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan juga pernah memberikan apresiasi kepada Rutan Tabalong karena menjadi pelopor penerapan sistem komputerisasi terhubung, yang memudahkan warga binaan mengetahui setiap waktu, lamanya masa tahanan yang sudah dijalani serta hak-hak apa saja yang didapat. Sistem ini juga menyimpan data pengunjung, sehingga memudahkan dan memperlancar dalam pelayanan kunjungan.

Kini sistem tersebut sudah diterapkan hampir di seluruh lapas ataupun rutan yang ada di Kalimantan Selatan. Artinya inovasi yang dilakukan, menjadi contoh bagi layanan publik lainnya.

 “Karena itu, apa yang sudah dilakukan dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, semoga menjadi contoh atau pendorong bagi instansi lainnya untuk juga berinovasi,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, HM Aidil Basit mengatakan, Ombudsman RI Perwakilan Kalsel memberikan penghargaan Apresiasi kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar atas inovasi transparansi pendapatan daerah Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor.

“Semoga inovasi ini menjadi inspirasi dan contoh bagi SOPD lainnya guna mewujudkan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Ini penghargaan yang luar biasa bagi kami karena diterbitkan oleh Ombudsman,” katanya.

Menurutnya, Ombudsman RI merupakan sebagai lembaga yang sangat cermat dalam kinerja pengawasannya dan tidak akan sembarangan mengeluarkan suatu Apresiasi atas suatu pelayanan kepada masyarakat. Apresiasi ini suatu kehormatan bagi Dishub Kabupaten Banjar.

“Dan ini akan dapat terus memacu Dishub Banjar untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, cepat dan transparan,” tambah Basit.

Dishub Banjar Gelar Rapat Pemantapan Persiapan Peresmian Bungas

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar menggelar rapat intern guna melakukan pemantapan peluncuran program baru yaitu Bus Angkutan Sekolah, atau yang disingkat BUNGAS. Program ini sebagai upaya meminimalisir pelanggaran lalu lintas yang kerap kali dilakukan pelajar dan menekan angka kecelakaan lalu lintas bagi kaum millenial.

Bungas direncanakan akan dilauncing oleh Bupati Banjar KH Khalilurrahman di SMPN 3 Martapura sesuai jadwal yang akan disesuaikan dengan kegiatan Bapak Bupati.

“Bungas ini sudah diujicobakan di beberapa sekolah selama satu minggu, dan ternyata mendapat tanggapan positif dari orangtua siswa, para sopir organda dan didukung Satlantas Polres Banjar,” ujar Kadishub Banjar.

Kadishub mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menggelar rapat pemantapan program Bungas sebelum dilaunching Bupati Banjar.

“Mobil yang dioperasionalkan ada 10, untuk rute di masing-masing sekolah menyesuaikan dengan tempat tinggal siswa. Mobil angkutan kota yang mendapatkan giliran di program Bungas maka terlebih dulu ada absensi,” jelas Kadishub.

Tetapi, lanjutnya, bagi yang tidak terkena jadwal atau giliran, maka bisa beroperasional sesuai trayeknya seperti biasa. Meski belum sepenuhnya gratis, namun ini menurutnya merupakan langkah awal bagi Pemerintah Kabupaten Banjar sebagai upaya untuk mewujudkan sarana transportasi untuk pergi dan pulang sekolah siswa yang aman, nyaman dan selamat di Kabupaten Banjar.

“Program Bungas masih bersifat mandiri, yaitu dikenakan biaya sesuai tarif yang diterapkan oleh Pemkab Banjar untuk pelajar, yaitu sebesar Rp 4 ribu perorang satu kali perjalanan,” katanya.

Untuk teknis pembayaran akan dikoordinir oleh pihak komite sekolah untuk mengumpulkan iuran dari orangtua siswa. Sementara armada angkutan yang digunakan Bungas, umur kendaraan dan kondisi kelayakan kendaran, dilengkapi plang rute dan stiker identitas angkutan sekolah, daftar jalur atau zona rute yang dilewati, identitas pengemudi atau sopir jelas dan begitu pula daftar penumpangnya.

Persyaratan sopir Bungas sama dengan persyaratan sopir angkutan umum, yakni mulai dari idenitas diri, Kartu Pengawasan Izin Trayek, KIR, STNK, surat perjanjian, sopir wajib memiliki handphone, sopir wajib menaati ketetapan dalam Standar Operasional Prosuder.

“Dengan menggunakan Bungas, anak lebih terjamin sampai ke sekolah, orang tua siswa lebih tenang melepas anak berangkat ke sekolah, mengurangi beban pengeluaran orang tua siswa untuk biaya transportasi anak ke sekolah, sopir akan mendapat kepastian pendapatan, menghidupkan angkutan umum yang sudah ada, mengurangi angka kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan lalulintas,” pungkasnya.

Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas Kegiatan Harlah Ke-96 NU Kabupaten Banjar

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID — Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) melalui Lembaga Dakwah menggelar Doa bersama atau Istighotsah untuk Indonesia Aman dan Damai, Minggu (24/3) siang selepas zuhur pukul 14.00 WITA di Alun-alun Ratu Zaleha Jalan A Yani Keraton Martapura.

Acara doa bersama dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-96 Hijriah ini juga akan dihadiri ulama NU yang ada di Kalsel, seluruh jajaran ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU).

“Istighotsah ini bagian dari ikhtiar ulama NU untuk  keamanan dan kedamaian Indonesia. Lewat kegiatan ini, kami juga mendoakan Pemilu 2019 berjalan aman dan damai. Serta barokah untuk bangsa dan banua kita tercinta,” kata Wakil Ketua PWNU Syaiful Adhar.

Syaiful berkata, kegiatan doa bersama bertujuan untuk mendoakan para ulama, pejuang, para syuhada shalihin yang merupakan perintis kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kegiatan yang digelar di 13 kabupaten – kota di provinsi ini, bakal dihadiri sekitar 15.000 orang.

Untuk itu Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Menyiapkan Rekayasa Jalur di sekitaran Alun-Alun Ratu Zalecha dan juga melakukan pengamanan Jalur Lalu Lintas agar terciptanya kelancaran pada acara tersebut.

Dijelaskan Kabid Lalu Lintas Perhubungan Darat Faisal, ST dalam hasil rekayasa nanti kita akan koordinasikan dengan polres Banjar agar dapat membantu kegiatan pengamanan ini.

Kita nanti bersama-sama berkoordinasi untuk dapat menyukseskan gelaran acara Istighotsah ini dalam hal pengamanan acara serta pengaturan arus lalu lintas.

Dishub Banjar Teken MoU dengan Bank Kalsel, Sebagai Bentuk Inovasi Transparansi Dishub Banjar

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP Menandatangani MoU kerja sama dengan Bank Kalsel, dalam hal setoran restibusi kendaraan bermotor.

“Jadi setiap harinya Bank Kalsel mengambil pendapatan daerah ke kantor kami (Dishub Banjar),” ujar Kadishub Banjar usai penandatanganan di Halaman Kantor Pemkab Banjar, Senin (25/3/2019)

Penandatanganan tersebut disaksikan ratusan ASN usai apel gabungan. Kadishub mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, setiap pendapatan asli daerah (PAD) yang masuk tidak ada yang mengendap di kantor Dinas Perhubungan.

Dengan kera sama ini pula, akan menjadi lebih transfaransi dalam pengelolaan PAD. Basith berharap wujud transfaransi ini dapat ditiru atau dicontoh bagi SKPD di lingkup pemerintah Kabupaten Banjar.

“Jadi ini merupakan contoh panutan bagi kami semua. Dan saya berharap teman-teman supaya tertib administrasi pengelolaan keuangan dan lebih bagus lagi,” harapnya.

Selain itu, pula dalam rangka mempermudah tugas-tugas pengawalan yang akan dilaksanakan Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar disetiap agenda pemerintah kabupaten banjar.

RAPAT KOORDINASI TEKNIS BIDANG TRANSPORTASI DARAT SE-KALIMANTAN SELATAN

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID — Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah  XV Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis bertempat di Hotel Rattan Inn yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 21-22 Maret 2019.

Dalam Rapat tersebut mengagendakan Usulan Program Kegiatan tahun 2020-2024. Sebagai program kerja prioritas yang dilaksanakan BPTD Wil. XV dalam pengajuan usulan anggaran di Kementerian Perhubungan RI.

Pada Rakornis Ini yang dipimpin oleh Kepala BPTD Wil. XV Provinsi Kalimantan Selatan ARDONO, ATD, MT, sebagai Moderator yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. SYAMSUDDIN, M.Si, dan sebagai Nasumber yaitu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. RUSDIANSYAH, SH, MH.

Peserta Rakornis terdiri dari Unsur Seluruh Dinas Perhubungan di wilayah Kalimantan diantaranya adalah : Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Dinas Perhubungan Kab. Banjar, Dinas Perhubungan Kab. Kotabaru, Dinas Perhubungan Kab. Tanah Bumbu, Dinas Perhubungan Kab. Balangan, Dinas Perhubungan Barito Kuala, Dinas Perhubungan Kab. Tapin, Dinas Perhubungan Kab. Tabalong, Dinas Perhubungan Kab. Tanah Laut, Dinas Perhubungan Hulu Sungai Selatan, Dinas Perhubungan Hulu Sungai Tengah dan Dinas Perhubungan Hulu Sungai Utara. Maksud dari kegiatan tersebut adalah sebagai media sinkronisasi/Menyiapkan program kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pada kegitan Tahun 2020-2024 ataupun Rencana Kerja BPTD Wil. XV. untuk kebutuhan pembangunan / pengembangan transportasi darat seperti (perlengkapan Fasilitas Keselamatan Jalan, Halte Sungai, Rambu Sungai, dsb) sesuai yang dibutuhkan pada daerah masing-masing.

Pada kesepatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M. Berupaya mengusulkan segala kebutuhan sarana dan prasarana bidang perhubungan demi menunjang kinerja perhubungan kab. Banjar.