Gelar Rapat Kecil Untuk Pengamanan Jalur Haul A. Yani Desa Astambul

MARTAPURA – Menghadapi Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, sangat banyak persiapan yang dilakukan, mengingat semakin tingginya antusias masyarakat untuk menghadiri haul ulama kharismatik banua yang nama lengkap beliau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani ini.

Kendati masih sekitar 50 hari lagi, persiapan sudah terlihat, tidak hanya di sekitar Kompleks Sekumpul, tapi juga di daerah-daerah yang akan menjadi perlintasan jemaah.

Para relawan mulai bergerak, mengantisipasi titik jalan rawan, kemungkinan perlambatan, macet dan strategi mengatasinya.

Rapat-rapat kecil digelar, koordinasi antara Dishub Kabupaten Banjar, Para Relawan dan Para Warga khususnya Jalur Astambul. Tiap kendala atau kesigapan masyarakat yang berpartisipasi juga ikut dicatat, dibukukan lengkap dengan nomor kontaknya.

Sehingga, jalur komunikasi selalu terhubung ketika Sekumpul yang menjadi titik kumpul jutaan jemaah saat haulan nanti.

Diantara yang menjadi perhatian Dishub Banjar adalah penyempitan jalan dan Persimpangan Jalan serta Tempat Singgah atau Warung Gratis yang akan menimbulkan kemacetan apabila mereka berhenti dan memarkir kendaraan di Bahu Jalan.

Misalnya di Simpang Jalan H. Duan , Pasar Pisang, Simpang Pelampaian Serta Posko-Posko Singgah sepanjang Jalur A. Yani sanpai dengan. Jalan ini menjadi jalur utama jemaah dari Hulu Sungai dan Kaltim menuju Sekumpul. Untuk Posko singgah yang menyediakan makan gratis akan sangat mengganggu pada arus balik jika mereka bersamaan berhenti.

Demi Kenyamanan Bersama, Himbauan Dishub Kab. Banjar Untuk Haul Abah Guru Sekumpul Ke-14

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Kurang dari sebulan lagi, Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul digelar, tepatnya 9-10 Maret ini. Banyaknya jemaah yang hadir membuat panitia dan para relawan serta masyarakat sibuk menyiapkan segala sesuatunya.

Tahun sebelumnya jemaah mencapai satu juta orang, tahun ini diprediksi bertambah, karena kecintaan mereka terhadap ulama kharismatik yang mampu menghidupkan kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW tersebut.

Suasana di Martapura sendiri pun sudah terasa hidup. Banyak umbul-umbul berdiri ditiap-tiap ruas jalan menuju Sekumpul.

Banyak hal yang dilakukan panitia bersama relawan dibantu masyarakat sekitar serta pihak keamanan dan pemerintah Kabupaten Banjar.

Terutama demi keamanan dan kenyamaan Jemaah yang datang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dari panitia menghimbau jemaah agar memperhatikan arahan petugas haul. Terutama mereka yang datang dari luar Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP menuturkan bagi pengguna kendaraan roda 2 mapun roda 4 sebaiknya mengecek terlebih dahulu kelengkapan dan kondisi kelayakan kendaraan sebelum keberangkatan.

Seperti mengecek mesin kendaraan/mobil, air radiator, menyiapkan BBM cadangan, tekanan ban dan serep. Demikian dengan lampu kendaraan, kelengkapan pendukung kendaraan seperti dongkrak (mobil), kunci tol kit, segitiga pengamanan, apar, dan lampu senter. Pun tak lupa jamaah diharapkan membawa perlengkapan P3K.

Dan yang penting kata H.M. Aidil Basith, stiker logo disesuaikan dengan warna asal tempat tinggal. “Jemaah yang datang maupun pulang dari arah Hulu Sungai menempelkan stiker warna biru. Dan yang datang maupun pulang dari arah Banjarmasin, Pelaihari, Palangkaraya menggunakan warna merah. Di maksudkan untuk memudahkan relawan yang bertugas di lapangan mengarahkan ke titik parkir yang sudah di tentukan,” jelasnya.

H.M. Aidil Basith juga mengharapkan para jamaah agar selalu mematuhi arahan dari relawan yang sudah terdata di Posko Induk yang berada di setiap Posko. Dan hindari bertanya kepada orang yang bukan relawan terutama tidak dikenal.

Serta jamaah juga diharapkan untuk tidak sembarangan memarkirkan kendaraanya ketika berhenti di tepi jalan agar tidak menghambat arus lalu lintas. “Harus melihat kondisi disekitar ketika hendak berhenti di pinggir jalan. Entah singgah di warung makan gratis, ataupun yang lainya dikhawatirkan menghambat arus lalu lintas yang bisa menyebabkan kemacetan,” jelasnya.

Sedangkan untuk jamaah yang menginap di penginapan gratis, selalu mamakai kartu tanda pengenal yang di sediakan oleh setiap pengelola. Khusus bagi pengendara jangan sampai menghilangkan kartu parkir yang sudah diberikan. Tujuannya untuk memudahkan para relawan membantu ketika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

“Ketika jamaah terpisah dengan teman satu motor/mobil langsung memperlihatkan kartu parkir kepada relawan. Begitu pun dengan jamaah yang kebingungan menuju arah penginapannya. Segera mendatangi relawan yang akan mengantarkannya ke rombongan sesuai tempatnya menginap,” pintanya.

H.M. Aidil Basith juga meminta jamaah tidak membuang sampah sembarangan. Ada baiknya juga jemaah membawa kantong sampah, untuk mengumpulkan sampahnya sendiri maupun yang berserakan di sekitarnya. Tujuannya untuk membantu relawan kebersihan.

Pagi Hari Anggota Dishub Banjar Sudah Ada Dijalan

Martapura – Sejak 07.00 wita pagi – pagi pun anggota Opsdal Dishub Banjar langsung turun kejalan melakukan pengaturan lalu lintas setiap paginya baik di simpangan,tikungan, depan sekolahan, depan perkantoran, putaran balik (u-turn) atau pun penyebrangan. Itu merupakan kegiatan rutin anggota kami setiap harinya.

“walau pun tidak padat seperti kota besar,namun para pengendara kecepatan sangat tinggi karena kondisi jalan di wilayah Kabupaten Banjar tergolong baik dan lancar dan kita sebagai pelayan masyarakat wajib memberikan pelayanan dan menjaga keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat umum.

Loyalitas Tanpa Batas Anggota Dishub Kabupaten Banjar

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Anggota LLAJ Dinas Perhubungan Kabupaten bANJAR kembali mengatensi giat arus lalu lintas dan giat PAM Jalur Acara Maulid Habsy di Masjid Indrasari Kota Martapura Kab. Banjar pada hari Minggu, (27/1/2019).

Sebanyak 9 Anggota LLAJ Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar diturunkan guna mengamankan giat arus lalu lintas, melancarkan dan mengamankan para Jama’ah Maulid Habsy yang melaksanakan prosesi acara dengan lancer dan aman. Adapun penjagaan dilakukan titik rawan lantas yang diamankan yaitu seperti persimpangan-persimpangan dan khususnya jalan sekumpul ujung didepan masjid yang menjadi lokasi acara berlangsung.

Giat tersebut dilaksanakan pada hari minggu malam senin sehingga anggota Dishub Kab. Banjar mengorbankan waktu liburannya demi menjalankan tugas yang diperintahkan atasan.

Mereka berjaga dimulai dari jam 20.00 WITA sampai dengan selesai, ditanya dengan masalah mengorbankan waktu libur anggota Dishub hanya dibalas dengan senyuman dan sebuah kata yang dapat menyentuh hati.

“Kita Melaksanakan Tugas Seperti Ini Bukan Karena Mengharap Balasan Materi Akan Tetapi Hanya Mengharap Pahala, Karena Tugas Ini Kami Anggap Sebagai Ibadah”

Begitu Mulianya mereka yang dengan senang hati memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan masyarakat atau para jama’ah melintasi jalan tersebut.

Hati-Hati Para Pengendara Mengemudikan Kendaraan di Jalan Raya Karena Musim Hujan

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Kota Martapura diguyur hujan har ini, Jumat (25/1/2019). Di musim hujan ini, harap lebih berhati-hati saat berkendara. Pelankan kecepatan kendaraan, terutama jika ada genangan.

Beberapa ruas jalan di Martapura di genangi air, sehingga memaksa pengguna ekstra hati-hati. Untuk ruas jalan tertentu, bahkan tak bisa dilintasi kendaraan kecil dan sepeda motor, karena terendam air.

“Jika berkendara dengan kendaraan roda dua, jangan lupa disiapkan jas hujannya dan pakailah jas hujan yang aman, jangan memakai yang jenis ponco,”

Selain itu, jangan berteduh di bawah Pohon yang rindang serta Baliho Reklame yang besar karena dapat membahayakan diri.

Kepada seluruh petugasnya, Dishub Kabupaten Banjar berpesan jangan lupa untuk dipakai jas hujan dan tetap semangat mengatur arus lalu lintas. Dengan harapan tidak terjadi kemacetan dan terwujudnya ketertiban berlalu lintas.

Dishub Banjar Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Simulator BRT Koridor I

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Simulator Pengoperasionalan BRT Banjar Bakula Koridor I bertempat di Ruang Rapat Kantor Dishub Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (24/01/2019).

Peserta yang berhadir pada rapat koordinasi terebut yaitu Polda Kalsel, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan dan juga Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Dishub Kota Banjarbaru, Dinas PUPR dan Bapelitbang Kalimantan selatan.

Disampaikan pada Rakor tersebut bahwa persiapan pengoperasionalan BRT Banjar Bakula harus segera di lakukan maupun diujicobakan karena bantuan Bus dari Kementerian Perhubungan sudah dating sebanyak 5 unit armada sehingga harus segera direalisasikan.

Sehingga bedasarkan hal tersebut BPTD Wil. XV Prov. Kalsel akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian setempat untuk melakukan kesiapan dalan melakukan uji coba pengoperainalan BRT tersebut.

Nantinya Pihak Dishub Provinsi Kalimantan Selatan akan membuat jadwal untuk melakukan Pengoperasionalan uji coba armada BRT Banjarbakula pada tahapan Koridor I.

Dishub Banjar Lakukan Survey Lapangan untuk Penanganan Jalur Haul Tuan Guru Anang Sya’arani Arif

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Persiapan demi persiapan sudah dilakukan oleh Tim Dishub Banjar khususnya Bidang lalu Lintas Perhubungan Darat yang menangani Managemen dan Rekayasa Lalu Lintas.

Bertempat di Jalan KH. Anang Sya’rani Arif Desa Kampung Melayu acara peringatan Haul Tuan Guru Anang Sya’arani Arif sehingga Tim Dihub Banjar dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat Faisal, ST melakukan cek kondisi lapangan tempat acara haulan, Senin (21/01/19).

Pada survey kali ini Dishub Banjar yaitu mencek kondisi tempat shaf untuk jamaah dan juga lokasi yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lahan parkir karena cek ini sebagai dasar penentuan lokasi parkir karena pada acara haul ini merupakan musim penghujan sehingga kondisi tanah menjadi tidak stabil.

Dijelaskan pula pada saat nanti acara peringatan haulan Dishub Banjar melakukan penutupan Jalan KH. Anang Sya’arani Arif pada lokasi acara karena digunakan untuk shaf para jama’ah.

Pada system haul ini pengamanan serta pengaturan lalu lintas saja yang akan ditekankan karena tidak adanya akses jalan alternative menuju tempat haul (Kubah Guru Anang Sya’arani Arif) sehingga hal tersebutlah menjadi prioritas kami.

Dihimbau untuk para jamaah haul untuk tertib berlalu lintas serta mengikuti segala arahan petugas untuk menciptakan kelancaran pada acara haulan tersebut.

Dishub Siapkan Rekayasa Jalur di Haul Tuan Guru Anang Sya’arani Arif

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Puluhan ribu jemaah diperkirakan akan padati kawasan Haul Tuan Guru H Anang Sya’rani Arif Al Banjari, Kampung Melayu Martapura pada Rabu (23/1) nanti. Memahami kondisi seperti itu, Dishub sudah mempersiapkan untuk pengaturan jalur haul yang akan dilaksanakan.

Kepala Dinas Perhubungan Banjar, Aidil Basith menuturkan bahwa pihaknya sudah siap untuk penanganan jalur dan juga sudah berkoordinasi dengan pihak yang terkait.

“Di perkirakan puluhan ribu jamaah yang akan hadir. Kami sudah siapkan untuk penanganan jalur yang nantinya di backup Polres Banjar, Satpol PP, dan dari kesehatan sudah menyiapkan 4 unit mobil ambulan untuk penanganan kesehatan,” ucapnya, Senin (21/1) siang.

Aidil Basith mengungkapkan dalam peringatan Haul Tuan Guru H Anang Sya’rani Arif kita hanya menekankan pada pengaturan pergerakan lalu lintas saja pada saat haul berlangsung.

“Rekayasa jalur. Seperti biasa saja, karena tidak ada jalur alternatif lain lagi (menuju kubah), kami hanya melakukan pengamanan serta pengaturan lalu lintas serta penyiapan parkir untuk kendaraan para jama’ah haul” ujarnya.

Kendati demikian, Aidil Basith berharap, jemaah mematuhi arahan dari petugas yang sudah siap mengamankan jalur lalu lintas.

Selain kesiapan jalur lalu lintas dan kesehatan, Dishub juga bekerjasama dengan pihak PDAM dalam menyiapkan air bersih untuk para jemaah.

Haul Tuan Guru H Anang Sya’rani Arif ke-50 akan dilaksanakan selama 2 hari. Sejak Selasa (22/1) pada pukul 16.00 Wita, dilanjutkan pukul 20.00 wita, dan Puncak haul akan digelar pada Rabu (23/1) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Upaya Pemantapan serta Pematangan Jalur Haul Terus Dilakukan Dishub Banjar

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Dinas Perhubungan Kab. Banjar (Dishub Banjar) dalam mempersiapan Jalur Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 makin dimatangkan terus, seiring makin meningkatnya jumlah relawan yang bergabung dalam kegiatan Haul kali ini, maka pihak posko Induk Sekumpul bersama rekan Relawan kembali melakukan pertemuan dengan pihak Satlantas polres Banjar, Jum’at (18/01/19).

Diruangan Banjar Command Center (BCC)  yang dipimpin langsung oleh Kasat lantas Bapak AKP Indra beserta jajarannya berlangsung dengan suasana pembahasan yang lebih mendetail tentang rekayasa jalur haul baik Jalur Kedatangan, lokasi parkir, Jalur Kepulangan serta penganganan – penanganan yang harus dilakukan apabila adanya suatu permasalahan.

Permasalahan yang dapat muncul pada situasi dan kondisi yang ada yaitu sebagai contoh kedatangan Kemacetan (Stage), Kedatangan Tamu VVIP, Peletakan Parkir, Jalur Evakuasi serta hal-hal yang lainnya yang dianggap penting.

Berbagai hal penting sudah di rumuskan dan disepakati pada pertemuan itu.

Sinergitas anggota kita bersama relawan dilapangan sangat kita perlukan, agar tidak ada salah komunikasi nantinya, kita harus berkoordinasi dan saling melengkapi, kata  Kasat lantas diakhir pertemuan.

Ditambahkan Kabid LLPD untuk melakukan pemecahan permasalahan yang nantinya akan dihadapi tidak mungkin dapat terselesaikan tanpa adanya koordinasi serta komunikasi pada setiap zona yang telah ditentukan.

Maka diharapkan semua petugas serta relawan yang berada dijalur agar dapat menginformasikan segala permasalahan yang ada dilapangan kepada posko agar dapat segera diatasi nantinya.

DISHUB BANJAR Wellcome Siapapun Yang Akan Berhadir Pada Peringatan Haul Abah Guru Sekumpul Ke-14

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Menghadapi haul Abah Guru Sekumpul atau yang dikenal sebagai KH Zaini Abdul Ghani yang ke 14, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar, siapkan dengan maksimal kemungkinan siapa pun yang akan datang pada acara puncak nanti.

Mengingat haul ke 13 tahun kemarin kedatangan orang nomor satu di Indonesia Presiden republik lndonesia 1r. Joko widodo, Dishub lebih dulu mempersiapkan kemungkinan akan datangnya siapapun, baik ulama besar seluruh dunia ataupun para politikus Indonesia pada haul Guru Sekumpul yang ke 14 pada tanggal 9 Maret 2019.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dishub Kabupaten Banjar M Aidil Basith pada Kamis (18/01) di ruang kerjanya mengatakan, bahwa dalam rapat yang diadakan bersama Polres Banjar, Kodim 1006/ Martapura, BPBD, Satpol PP, Damkar, Orari, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar kemarin, menghadapi haul ke 14 tahun 2019, pihaknya mengambil persiapan kemungkinan siapa pun yang akan datang, karena haul abah guru sekumpul bersifat umum.

“Karena Haul Guru Sekumpul ke 14 tahun 2019 ini bukan bersifat undangan, namun adalah untuk umum, siapapun boleh datang, mengingat haul kemaren kita kedatangan presiden, maka kali ini kita persiapkan lebih matang lagi untuk kemungkinan siapa saja yang datang,” ujarnya.

M Aidil Basith melanjutkan, ada perubahan pada jadwal Haul ke 14, yang mana jadwal dibagi menjadi tiga malam, tanggal 9 Maret malam adalah untuk umum, tanggal 10 Maret malam Haul diselenggarakan di Mushollaa Ar-raudah Sekumpul untuk umum dan tanggal 11 Maret malam haui ditaksakan khusus dirumah keluargaa.

Menurutnya, Dishub dan petugas lain akan lebih ekstra untuk melakukan pengamanan dan pelayanan baik pengaturan lalu lintas maupun pengendalian jemaah yang diperkirakan akan meningkat 10% pada haul ke 14.