Ada Ustadz H. Abdul Somad, Begini Rekayasa Lalin di Kota Martapura

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID, (Martapura) – Tausyah Ustadz Abdul Somad digelar di Masjid Al-Karomah, Martapura. Jalan A. Yani Km. 40 maka akan dilakukan pengalihan jalur lalu lintas selama acara tersebut berlangsung.

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan untuk menghindari kemacetan, mengingat akan hadir puluhan ribu jam’ah dalam acara Tausyah Dai Kondang Ustadz H. Abdul Somad itu. Tak hanya dari jama’ah wilayah Kabupaten Banjar akan tetapi diprediksi akan hadir juga dari Jama’ah luar Kabupaten Banjar yang berdekatan seperti jama’ah Kabupaten Tapin, Jama’ah Kota Banjarbaru dan juga Jama’ah dari Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, H.M. Aidil, mengatakan untuk parkiran Masjid Al-Karomah akan ditutup mulai malam minggu sehingga tidak diperbolehkan kendaraan parkir padalokasi tersebut, untuk pasar martapura akan di sterilkan dan dibersihkan siang hari Jam 12.00 WITA, karena lokasi pasar martapura akan digunakan untuk lokasi jama’ah perempuan.

Dikatakan nanti pada berlangsungnya tausyah maka antara jama’ah laki-laki dan perempuan akan dipisah karena perimtaan dari manajemen sehingga jama’ah laki-laki berada di lantai dasar Masjid Al-Karomah dan parkiran masjid sedangkan jama’ah perempuan berada di lantai 2 Masjid Al-Karomah serta lokasi pasar Martapura.

Untuk jalur rekayasa lalu lintasnya nanti kami akan membaginya dalam 3 opsi pergerakan lalu lintas untuk mengatasi kemacetan jika terjadi untuk opsi pertama yaitu kondisi arus lali lintas pada jalan A. Yani akan diberlakukan 2 arah seperti biasanya

Opsi Kedua Kendaraan dari arah Hulu sungai menuju Banjarmasin akan dialihkan dipasar papan, Jalan Pasar Papan menuju jalan P. Abdurrahma menuju jalan menteri 4 menuju jalan PPS lewat Jalan A. Yani menuju Banjarmasin. Sedangkan kendaraan dari Banjarmasin akan dialihkan di Batuah menuju Jalan P. Abdurrahman menuju Jalan Pasar Papan lewat A. Yani menuju Hulu Sungai.

Opsi Ketiga kendaraan dari arah Banjarmasin tetap dialihkan lewat Jalan Batuah menuju Jalan Pangeran Abdurrahman menuju Jalan Pasar Papan keluar lewat A. Yani menuju Hulu Sungai, Sedangkan Kendaraan dari Arah Hulu Sungai akan dialihkan di tambak baru sehingga lewat Jalan Tambak Baru menuju Jalan Melati menuju Jalan Sekumpul Ujung kemudian menuju Jalan Sekumpul Raya menuju Jalan PM. Noor Banjarbaru keluar Simpang Empat Banjarbaru menuju Banjarmasin.

Dan untuk mengatasi pergerakan kendaraan angkutan berat atau kendaraan besar tidak memungkinkan untuk lewat jalur alternatif tersebut sehingga nantinya akan melakukan pembatasan pada kendaraan berat untuk tidak beroperasi lewat jalan A. Yani mulai Pukul 12.00 Wita Sampai dengan 24.00 Wita karena tidak mungkin juga untuk kendaraan berat bisa melewat jalan A. Yani Karena penuh dengan Jama’ah sehingga kendaraan yang telah beroperasi agar memarkir kendaraannya disekitaran Mataraman dan dari Banjarbaru untuk memarkir kendaraannya di wilayah Banjarbaru/ Jalan Trikora. Nantinya akan dikeluarkan surat larangan beroperasi pada hari tersebut.

Mengenai parkir, Dishub menyediakan beberapa lahan. Antara lain di Alun-alun Ratu Zalecha, Parkiran CBS, Terminal Martapura, Halaman Pemda serta parkir dari arah Hulu Sungai Agar Memarkir Kendaraan di sekitaran Pasar Papan.

“Untuk kendaraan yang hanya mengantar jemput bisa menurunkan penumpang di dekat lokasi dan memarkir kendaraannya di RTH Ratu Zalecha,” tutupnya.

Jelang Kedatangan UAS, Dishub Banjar Siapkan Rekayasa Sampai Pengamanan

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID — Menjelang kedatangan Ustadz Abdul Somad (UAS) ke Kabupaten Banjar (Martapura) pada Minggu (9/12) mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar (Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar) bersama Polres Banjar mulai menyiapkan pengamanan ekstra.

Persiapan lainnya juga melibatkan perwakilan TNI, Pol PP, PD. Pasar Bauntung Batuah, Para Relawan serta Pemimpin Rapat Sendiri Panitia Penyelenggara.

Direncanakan, UAS akan memberikan tausiyahnya dalam kegiatan Undangan Perkumpulan Ustadz dan Ustadzah Kabupaten Banjar yang bertempat di Masjid Al-Karomah Martapura.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi yang membahas teknis pengamanan, mulai dari pengawalan, titik parkir serta pengamanan lokasi.

“Lokasi parkir menjadi fokus kita. Untuk titiknya kita siapkan di Parkiran Terminal Martapura, Parkiran CBS, Parkiran RTH, Halaman Pemda, Jalan Sasaran, Gang Kurnia, Jalan Makam serta Lapangan terbuka sebelah Ponpes Darussalam Martapura. Sedangkan, bagi FKPD akan parkir di dalam Pendopo,” jelasnya, Selasa (9/12).

Dinas Perhubungan Kab. Banjar Gelar Rapat Intern Mempersiapkan “REKAYASA LALU LINTAS” untuk acara Jambore PKK Tahun 2018

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Rapat Intern ini digelar dimana untuk melakukan Rekayasa Lalu Lintas pada jalur Acara Jambore PKK. Selasa, (4/12/2018) Pagi.

Pada rapat ini yang dipimpin Langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Banjar Drs. H. M. AIDIL BASITH, M.AP, Penyampaian Bahan Rekayasa disampaikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat FAISAL, ST dan penyampaian pengamanan disampaikan oleh Kepada Bidang Angkutan dan Keselamatan Perhubungan Darat H. SAHDIMAN, S.Sos, M.Si membahas untuk kesiapan Jalur masuk dan keluar untuk acara tersebut.

Kadishub Banjar menjelaskan berdasar insformasi perkiraan tamu undangan diatas 1000 tamu undangan karena melibatkan 20 Kecamatan Se Kabupaten Banjar, sehingga melihat dari data yang diperoleh maka kami dinas perhubungan Kabupaten Banjar harus menyiapkan rekayasa jalur tersebut dimana untuk memperlancar arus lalu lintas di sekitar lokasi acara.

Kami akan juga menerjunkan anggota dishub untuk mengatur lalu lintas pada acara tersebut, kami sudah siapkan rekayasa, juga mempersiapkan lokasi parkir untuk para tamu undangan dan titik-titik lokasi pada jalur lalu lintas yang krusial atau kami anggap konflik.

Anggota kami akan berjaga mulai dari awal prosesi acara sampai berakhir acara tersebut, akan mengawal kegitan tersebut sampai selesai demi kelancaran arus lalu lintas pada lokasi acara, pungkasnya.”

KLASIFIKASI KECEPATAN MAKSIMUM YANG DIIZINKAN BERDASARKAN STATUS JALAN UNTUK KENDARAAN BERMOTOR

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Status kelas jalan menentukan batas kecepatan kendaraan yang melintasi jalan tersebut, hal ini diseuaikan dengan kondisi dan arus lalu lintas yang ada.

perhatikan kecepatan saat anda menaiki kendaraan. Utamakan keselamatan diri serta pengguna jalan yang lain. Patuhi rambu-rambu jalan dan aturan yang telah diberlakukan pemerintah mengenai batas kecepatan kendaraan sesuai dengan keadaan kawasan yang dilalui, geometri jalan serta frekuensi lalu-lalang kendaraan.

Batas Kecepatan adalah aturan yang sifatnya umum dan/atau khusus untuk membatasi kecepatan yang lebih rendah karena alasan keramaian, disekitar sekolah, banyaknya kegiatan disekitar jalan, penghematan energi ataupun karena alasan geometrik jalan.

Simak #infografis berikut tentang penetapan batas kecepatan sesuai PM 111 tahun 2015 pasal 3 ayat 4 berikut ini :

Batas Kecepatan Sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) ditetapkan :

  1. Paling rendah 60 (enam puluh) kilometer per jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 (seratus) kilometer per jam untuk jalan bebas hambatan;
  2. Paling tinggi (delapan puluh) kilometer per jam untuk jalan antarkota;
  3. Paling tinggi 50 (lima puluh) kilometer per jam untuk kawasan perkotaan; dan
  4. Paling tinggi 30 (tiga puluh) kilometer per jam untuk kawasan permukiman.