PETA JALUR HAUL SYEKH KASPUL ANWAR KE 80

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Setelah melalui beberapa kali pertemuan dengan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan dan relawan peringatan haul KH. Muhammad Kasyful Anwar ke-80 dengan tujuan bersama, untuk kenyamanan dan keamanan Jama’ah. Maka telah di sepakati Peta jalur Haul KH. Muhammad Kasyful Anwar ke-80, yang terdiri dari peta jalur kedatangan maupun kepulangan jama’ah serta lokasi titik parkir.

“Dengan menimbang berbagai aspek, maka secara resmi kami merilils peta tersebut. Harapan kami, jama’ah Haul benar-benar mempelajari dan memahami peta jalur yang telah disepakati ini,”

Berbeda dengan Haul sebelumnya, kali ini akan disesuaikan dengan arah kedatangan serta kepulangan jama’ah. Dimana “Titik Parkir yang disiapkan di arahkan pada lokasi parkir dalam pagar dan penutupan jalan KH. Anang Sya’ranie Arief di pertiga jalan menuju dalam pagar sehingga semua kendaraan Roda Empat (R4) diarahkan ke dalam pagar.

Dimohon kepada seluruh Jama’ah Haul KH. Muhammad Kasyful Anwar ke-80 mau bekerjasama serta mengikuti dan mematuhi arahan dari petugas.

Kesadaran Masyarakat Umum terhadap Rambu Lalu Lintas

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar memberikan apresiasi kepada masyrakat Kabupaten Banjar yang ikutvberpartisipasi membantu memelihara rambu-rambu lalu lintas yang ada di wilayah Kabupaten Banjar.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Seksi Fasilitas Perhubungan Riyantoni, SE saat melintas di jalan Martapura melihat ada seorang warga yang sedang memperbaiki rambu lalu lintas yang jatuh ke paritan.

Warga tersebut membenahi rambu tersebut dengan mengangkatnya dari selokan, mengembalikan ketempat semula dan mengikat tiangnya supaya tidak jatuh lagi.

Andaikan semua warga masyarakat seperti beliau mengerti akan kegunaan rambu lalu lintas pastinya akan terciptanya lalu lintas yang nyaman serta lancar.

Karena Selama ini, rambu lalu lintas yang berfungsi untuk membantu pengguna jalan, belum disadari sepenuhnya oleh masyarakat.

Itu terlihat dari beberapa kertas, iklan, pengumuman yang tertempel di rambu mapun tiang penyangganya dan juga adanya rambu yang jatuh dibiarkan begitu saja.

“Selain ditempeli kertas dan iklan, rambu yang terpasang juga sering jadi objek pukul, lempar, bahkan lempengannya ditekuk,”

Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan hal tersebut, mari kita sama-sama menjaga rambu-rambu lalu lintas untuk kepentingan bersama demi menciptakan kelancaran serta kenyamanan berlalu lintas.

Dishub Kabupaten Banjar Tutup U-Turn Batas Kota

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Rekayasa Lalu Lintas dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar untuk mengatasi sering terjadinya kemacetan yang ada pada Batas Kota Antara Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Dari hasil analisa banyaknya kendaraan yang memutar pada U-Turn tersebut untuk menuju pusat perbelanjaan yang ada pada wilayah kota Banjarbaru.

Dengan adanya pusat perbelanjaan tersebut imbas kemacetan dirasakan juga oleh Kabupaten Banjar karena U-Turn untuk menuju lokasi tersebut berada pada wilayah Kabupaten Banjar dan juga dekat dengan persimpangan yang berada tepat di Batas Kota Tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP, mengatakan pihaknya melakukan blokade atau pembatas jalan dengan pemasangan road barrier. Dari uji coba ini dianggap telah berhasil dalam mengurai kemacetan karena jalan A. Yani Batas Kota hanya mempunyai 2 Jalur Kanan Kiri dan posisi U-Turn dekat dengan persimpangan.

Sehingga banyaknya terjadi tundaan pada U-Turn tersebut yang mengakibatkan kemacetan pada ruas jalan A. Yani batas kota tersebut.

Menurut Kadishub Banjar, jika terdapat simpangan atau belokan justru menjadi pemicu kemacetan. “Atas dasar itu makanya kami menutup belokan jalan yang terdapat di Jalan A Yani batas kota tesebut.

Penutupan u-turn itu membuat arus lalu lintas semakin lancar tanpa harus terganggu dengan adanya belokan atau persimpangan jalan.

Kunjungan Kadishub Banjar ke UPT. Pengujian Kendaraan Bermotor Pasca Libur Lebaran

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – UPT. Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Banjar merupakan salah satu UPT dibawah Kewenangan Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, yang merupakan UPT yang memberikan pelayanan umum kepada masyarakat Kabupaten Banjar.

Selesai menghadiri acara Halal Bihalal di Korem 101/Antasari, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP singgah di UPT. Pengujian Kendaraan Bermotor Kab. Banjar di KM. 17 Kec. Gambut. Jum’at (22/06/2018).

Dalam kunjungannya kali ini Kadishub Banjar yaitu untuk memantau proses pelayanan yang dilakukan UPT. PKB dan menyapa para sopir yang sedang melakukan pengujian, beliau bercakap-cakap dengan sopir tentang tanggapan pelayanan yang sudah diberikan.

“Tanggapan yang diberikan para sopir adalah positif karena poses pelayanan sudah sesuai Standar Prosedur Operasional dan Transparansi”

Setelah itu Kadishub melihat proses pengujian pada setiap kendaraan di gedung uji, menyaksikan pelaksanaan per item komponen pengujian.

Kadishub Banjar menjelaskan bahwa proses pelayanan merupakan hal yang vital, karena banyak menjadi sorotan dimasyarakat. Saya mengecek langsung agar tahu pemberian pelayanan di bawah kewenangan Dinas Perhubungan harus maksimal.

Dijelaskan pula dalam beberepa waktu lalu UPT ini sudah mendapatkan apresiasi dari Ombudsmen RI perwakilan Kalsel, tentang transparansi pelayanan.

Sehingga dari situ saya akan tetap menjaga atas prestasi yang telah didapatkan, dengan pemberian pelayanan yang ramah, sopan, dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat umum.

Kadishub Banjar Hadiri Undangan Halal Bihalal Komandan Korem 101/Antasari

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Komamdan Korem 101/Antasari Kolonel Infantri Yudianto Putra Jaya S.E, M.M menggelar acara halal bihalal bersama Prajurit, PNS, Toga, Todat, Tomas, dan Ormas beserta insan pers se- Kalimantan Selatan di lapangan Makorem 101/Antasari. jum’at (22/06/18).

Acara tersebut dihari oleh Seluruh Anggota Korem 101/Antasari, MUI Kalimantan Selatan KH.Hsin Nafarin, Lc, para tamu undangan lainnya dan para masyrakat umum turut hadir juga. Berdasarkan informasi Kapala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP salah satu undangan dari kabupaten Banjar dan mendapatkan undangan langsung dari Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Infantri Yudianto Putra Jaya S.E, M.M.

Kadishub Banjar dalam kehadirannya didampingi oleh kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat Faisal, ST dan Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Perhubungan Darat H. Sahdiman, S,Sos, M.Si.

Turut pula hadir dalam acara tersebut Irdam VI Mulawarman Kolonel Inf Rosidin, M.Si.(Han), para Komandan Kodim jajaran Korem 101 /Antasari dan para Dansat jajaran Korem 101/Antasari.

Dalam sambutannya, Komandan Korem 101/Antasari mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dan menyampaikan selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin.

“Saya berpesan kepada seluruh yang hadir ini, apa bila ada prajurit jajaran Korem 101 /Antasari yang melakukan kesalahan agar ditegur karena itu berarti masih sayang kepada TNI,”tegas Danrem 101/Antasari.

Gelaran halal bihalal sendiri berlangsung meriah dengan banyaknya masyarakat yang hadir. Pada kesempatan itu, Danrem juga memberikan doorprise lima unit sepeda gunung kepada undangan yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukannya.

Totalitas Anggota Dishub Banjar Amankan Peringatan Haul Akbar Datu Kelampayan

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Hujan yang membasahi kota serambi mekkah sejak pagi hari Rabu (20/6) tak menyurutkan semangat jemaah yang datang untuk memperingati haul Datu Kelampayan ke 212. Hujan yang memang tak terlalu deras tersebut membuat acara tetap berjalan lancar dan terus di padati jemaah.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Tuhfatur Raghibin di Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur ini di jaga oleh tim gabungan Polers Banjar, Kodim 1006, Satpol PP, Dishub dan Relawan. Demi kenyamanan jemaah tim terbagi di beberapa titik rawan kemacetan saat kepulangan jemaah.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar pun turun langsung ke lapangan mengecek keadaan jalur pengamanan haul serta anggota yang berjaga. Adapun jalur haul menggunakan dua jalur yakni darat dan sungai.

“Kita menurunkan seluruh anggota Dishub guna menjaga keamanan dan kenyamanan jemaah yang datang dan di tempatkan di beberapa titik” ujar Kadishub Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP.

Untuk Jalur kepulangan jemaah tim membagi jam jalur pejalan kaki dan pengendara roda dua, sedangkan untuk pengendara roda empat harus lebih bersabar karena menunggu jalur terbuka untuk di lewati.

Hal tersebut diberlakukan mengingat kondisi jalan yang cukup sempit dan tidak memungkinkan apabila seluruh kendaraan bersama-masa keluar, ujarnya.

Polres Banjar dan Forkominda Kab. Banjar Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Haul Datu Kelampayan ke-212

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Apel gelar pasukan peringatan pengamanan haul akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang lebih dikenal dengan nama Datu kelampaian, Rabu (20/6/2018)

Dalam proses gelar pasukan yang diwarnai dengan gerimis hujan tersebut dan dilanjutkan Tactical Wall Game, nampak AKBP Takdir Mattanete yang memimpin langsung kegiatan tersebut menunjukkan jalur-jalur yang perlu diamankan oleh anggotanya.

Apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh Kodim 1006, Polres Banjar, Dishub Banjar, Satpol-PP, Dinas Kesehatan Kab. Banjar dan Para relawan haul.

Dalam kegiatan gelar tersebut dihadiri oleh juga seluruh PJU Polres, Pejabat Kodim, Kepal Dinas Perhubunga, dan Kepala Satpol-PP Kab. Banjar yang turut andil dalam pengamanan acara haul akbar.

Setelah selesai melakukan gelar pasukan, Kapolres Banjar beserta dengan jajaran Polres Banjar dan seluruh peserta apel gelar pasukan makan bersama di sebuah rumah warga.

Dengan 5 Pilar Aksi Keselamatan Jalan, DISHUB Kab. Banjar Menghimbau Kepada Seluruh Lapisan Masyarakat

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Pada Beberapa hari yang lalu banyaknya berita yang kami dengar tentang kecelakaan lalu lintas yang juga mengakibatkan banyaknya korban yang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas tersebut. Tentunya itu sangat memprihatinkan, nyawa manusia direnggut akibat kecelakaan. Angka kecelakaan ini menyatakan bahwa kecelakaan fatal di jalan raya merupakan penyebab kematian kedua setelah TBC di indonesia dan merupakan penyebab kematian kelima di tingkat dunia setelah serangan jantung, stroke, paru – paru dan ispa.

Ada banyak faktor penyebab kecelakaan lalu lintas jalan diantaranya masalah pengguna jalan (67%), Kendaraan (4%), Jalan dan Lingkungan (5%) serta kombinasi ketiga faktor diatas (24%).

Untuk menindaklanjuti kecelakaan lalu lintas yang semakin tinggi, pemerintah tidak tinggal diam. Pemerintah mengeluarkan Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK 2011-2035) dan telah ditindaklanjuti dengan Instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2013 tentang program dekade aksi keselamatan jalan dengan target mewujudkan 5 (Lima) Pilar Aksi Keselamatan Jalan diantaranya:

Pilar I yaitu Manajemen Keselamatan Jalan, dengan koordinator Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, yang fokus kepada:

  1. Penyelarasan dan Koordinasi Keselamatan Jalan;
  2. Protokol Kelalulintasan Kendaraan Darurat;
  3. Riset Keselamatan Jalan;
  4. Survailans Cedera (Surveilance Injury) dan Sistem Informasi Terpadu;
  5. Dana Keselamatan Jalan;
  6. Kemitraan Keselamatan Jalan;
  7.  Sistem Manajemen Keselamatan Angkutan Umum;
  8. Penyempurnaan Regulasi Keselamatan Jalan;

Pilar II yaitu Jalan yang berkeselamatan, dengan koordinator Menteri Pekerjaan Umum yang fokus kepada :

  1. Badan jalan yang berkeselamatan
  2. Perencanaan dan Pelaksanaan pekerjaan yang berkesalamatan;
  3. Perencanaan dan Pelaksanaan Perlengkapan Jalan;
  4. Penerapan Manajemen Kecepatan
  5. Menyelenggarakan Peningkatan Standar Kelaikan Jalan yang berkeselamatan;
  6. Lingkungan Jalan yang berkeselamatan;
  7. Kegiatan tepi jalan yang berkeselamatan;

Pilar III yaitu Kendaraan yang Berkeselamatan, dengan koordinator Menteri Perhubungan yang fokus kepada:

  1. Penyelenggaraan dan Perbaikan Prosedur Uji Berkala dan Uji Tipe;
  2. Pembatasan Kecepatan pada Kendaraan;
  3. Penanganan Muatan Lebih (Overloading);
  4. Penghapusan Kendaraan (Scrapping);
  5. Penetapan Standar Keselamatan Kendaraan Angkutan Umum;

Pilar IV yaitu Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan, dengan koordinator Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang fokus kepada:

  1. Kepatuhan Pengoperasian Kendaraan;
  2. Pemeriksaan Kondisi Pengemudi;
  3. Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi; Peningkatan Sarana dan Prasarana Sistem Uji Surat Izin Mengemudi;
  4. Penyempurnaan Prosedur Uji Surat Izin Mengemudi;
  5. Pembinaan Teknis Sekolah Mengemudi;
  6. Penanganan terhadap 5 (lima) Faktor Risiko Utama Plus;
  7. Penggunaan Elektronik Penegakan Hukum;
  8. Pendidikan Formal Keselamatan Jalan;
  9. Kampanye Keselamatan;

Pilar V yaitu Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan, dengan koordinator Menteri Kesehatan yang fokus kepada:

  1. Penanganan Pra Kecelakaan;
  2. Penanganan Pasca Kecelakaan;
  3. Penjaminan Korban Kecelakaan yang Dirawat di Rumah Sakit Rujukan;
  4. Pengalokasian Sebagian Premi Asuransi untuk Dana Keselamatan Jalan;
  5. Riset Pra dan Pasca Kejadian Kecelakaan pada Korban.

Maka dari itu DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANJAR Menghimbau kepada seluruh kalangan baik dari Pemerintah maupun masyarakat harus turut berpartisipasi mengurangi tingkat kecelakaan dengan berkendara yang aman sesuai dengan peraturan yang ada.

Dan Bagi Seluruh Generasi Muda, gunakan waktu kalian digunakan untuk sesuatu yang positif dan ikut berperan dalam aksi aksi keselamatan jalan dilingkungan anda dan jadilah “PELOPOR KESELAMATAN JALAN” untuk wilayah Kabupaten Banjar Khususnya tunjukan Bahwa Generasi Muda Kabupaten Banjar adalah Generasi yang memiliki tekat dengan tingkat kesadaran yang tinggi mengenai KESELAMATAN.

DISHUB BANJAR MEMASANG SPANDUK HIMBAUAN SAAT ANGKUTAN LEBARAN 2018

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar memasang Spanduk Himbauan tertib berlalu lintas. Sebagai bentuk tanggungjawab dan kepedulian BPTD Wil. XV Provinasi Kalimantan Selatan dan Dinas Perhubungan untuk menciptakan keselamatan saat angkutan lebaran 2018.

Kegiatan pemasangan Spanduk tersebut dilakukan bertujuan agar masyarakat atau pengemudi/pengendara kendaraan mengerti tentang peraturan berlalu lintas serta masyarakat pengguna jalan pun akan lebih berdisiplin dalam mentaati aturan berlalu lintas.

Dikatakan beliau bahwa spanduk ini nantinya akan kami pasang di wilayah Kabupaten Banjar dan akan kami tempatkan pada daerah-daerah yang strategis sehingga semua masyarakat dapat jelas terbaca dan menjadikan terciptanya situasi keselamatan berlalu lintas yang lancar dan kodusif di wilayah kabupaten Banjar.

Hal tersebut dilakukan untuk menghimbau dan mensosialisasikan tertib berlalu lintas kepada masyarakat luas untuk berdisiplin dan berhati-hati saat berkendaran pada masa angkutan lebaran kali ini.

Dalam kegiatan pemasangan spanduk himbauan ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas dan dapat menciptakan kelancaran lalu lintas di wilayah kabupaten Banjar.

PERUBAHAN JADWAL PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA (SIPENCATAR) POLA PEMBIBITAN DAN JALUR REGULER KEMENTERIAN PERHUBUNGAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019

PENGUMUMAN
Nomor : PG.08 / BPSDMP-2018 

TENTANG 

PERUBAHAN JADWAL PELAKSANAAN
SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA (SIPENCATAR)
POLA PEMBIBITAN DAN JALUR REGULER KEMENTERIAN PERHUBUNGAN
TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Berdasarkan surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : A26-30/V74-6/12, tanggal 6 Juni 2018 perihal Pelaksanaan Tes Akademik SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2018 dan menindaklanjuti hasil koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara pada tanggal 4 Juni 2018 terkait pelaksanaan Tes Akademik SIPENCATAR Pola Pembibitan dan Jalur Reguler Kementerian Perhubungan, diberitahukan kepada para Peserta SIPENCATAR Pola Pembibitan dan Jalur Reguler Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2018/2019 bahwa terjadi perubahan jadwal SIPENCATAR sebagai berikut :

 

NO TAHAPAN TES SEMULA MENJADI
1 Pendaftaran Jalur Reguler 20 Mei s.d. 20 Juni 2018 20 Mei s.d. 26 Juni 2018
2 Pelaksanaan Tes Akademik 2 s.d. 6 Juli 2018 9 s.d. 13 Juli 2018
3 Pengumuman Hasil Tes Akademik 11 Juli 2018 20 Juli 2018
4 Pelaksanaan Psikotes 16 s.d. 18 Juli 2018 24 s.d. 26 Juli 2018
5 Pengumuman Hasil Psikotes 31 Juli 2018 7 Agustus 2018
6 Pelaksanaan Tes Kesehatan 6 s.d. 9 Agustus 2018 9 s.d. 14 Agustus 2018
7 Pengumuman Hasil Tes Kesehatan 16 Agustus 2018 21 Agustus 2018
8 Pelaksanaan Tes Kesamaaptaan dan Wawancara 27 s.d. 30 Agustus 2018 Tetap
9 Pengumuman Hasil Pantukhir 5 September 2018 Tetap

 

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diperhatikan dan dilaksanakan.

 

Jakarta, 7 Juni 2018
SEKRETARIS BPSDM PERHUBUNGAN
SELAKU KETUA PANITIA SIPENCATAR 
KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

ttd

M. YUGIHARTIMAN