Saat Acara Haul Sudah Selesai, Anggota DISHUB BANJAR Masih Bertugas

Martapura – Peringatan Acara Haul Akbar Abah Guru Sekumpul ke-13 telah selesai dilaksanakan kemarin, Senin (26/03/2018) akan tetapi anggota kami tetap masih bertugas dilapangan.

Kepala Seksi Fasilitas Perhubungan Darat Riyantoni, SE, Rabu (28/03/2018) memimpin sendiri secara langsung ke lapangan untuk membersihkan atau mengambil peralatan bantu pengamanan yang digunakan pada acara peringatan Haul Akbar Abah Guru sekumpul ke-13.

Beliau mengatakan bahwa tugas anggota kita masih banyak lagi setelah selesainya acara haul tersebut, yaitu diantaranya adalah anggota kami masih memberikan bantuan penjagaan bagi petugas kebersihan dilapangan dan mengatur arus lalu lintas pasca selesai acara bagi anggota operasional dan lapangan. Untuk anggota kami dari fasilitas perhubungan darat yaitu adalah membersihan atau mengambil alat bantu pengamanan yang digunakan antaranya mengambil Barrier (Guardril Water) yang tersebar di seluruh jalur haul, mengambil Traffic Cone yang juga tersebar diseluruh jalur haul dan juga mengambil Banner Rambu yang dipasang sepanjang jalan A. Yani.

Kasi Fasilitas Mengatakan Tak hanya mengambil saja kemudian nanti sebelum dipenyimpanan kantor kami harus dibersihkan terlebih dahulu dan disusun secara baik sehingga alat pengamanan tersebut terjaga dengan baik dan dapat digunakan lagi pada pengamanan di Tahun selanjutnya.

Mungkin para jam’ah ataupun petugas yang lainnya sudah kembali beraktifitas sesuai rutinitas tapi untuk anggota Dishub masih memberikan tenaganya untuk pengambilan atau pembersihan alat pengamanan, begitulah cerita susah dan senangnya menjadi seorang anggota DISHUB “task is a mandate”.

KADISHUB BANJAR Bekerjasama dengan DANREM 101 Antasari sbg DANSATGAS PAMWIL dan KARO OPS POLDA sbg WADANSATGAS PAMWIL dalam Rangka Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia ke Kalimantan Selatan

Martapura – Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Kalimantan Selatan TNI dan Polri mengerahkan personil sebanyak 3.000 pasukan dibeberapa titik selama Kunjungan Kerja di Kalimantan Selatan pada beberapa tempat yang akan di kunjungi Presiden RI. Salah satunya lokasi acara haul ke 13 KH. M. Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul.

Pengamanan kunjungan Kerja ini sebagai DANSATGAS PAMWIL adalah DANREM 101 Antasari dan Sebagai WADANSATGAS PAMWIL adalah KARO OPS POLDA Kalsel. Pada Agenda kehadiran Presiden RI ke acara Haul Ke-13 KH. M. Zaini Abdul Ghani maka mereka bekerjasama dengan KADISHUB KAB. BANJAR Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP. pada pertemuan tersebut membahas permasalahan Pengamanan Khusus Tamu VVIP.

Pada pertemuan kali ini Kadishub Banjar sudah mempersiapkan Tempat Parkir Khusus dan rencana jalur pengamanan Tamu VVIP. Beliau menjelaskan sudah Kami siapkan beserta jajaran rencana aksi pengamanan tersebut.

Sambil membawa peta global jalur haul secara keseluruhan dan potongan peta pada jalur VIP Kadishub Banjar menjelaskan kepada DANREM dan KARO OPS POLDA bahwasannya rencana awal jalur VIP dan VVIP mengunakan 2 jalur yaitu jalur Jalan Sekumpul dan Jalur Jalan Pendidikan lewat Jalan Mawar, akan tetapi menimbang dari beberapa aspek untuk kedatangan Presiden RI beserta rombongan maka Kami Rubah sesuai kesepakatan antar instansi terkait yaitu untuk semua Jalur VIP dan VVIP menggunakan Jalan Pendidikan terus lurus sampai Simpang Empat Guntung Alaban lalu ke Parkiran VIP halaman parkir Az-zahra kalu tidak tertampung sebagian parkir di gang purnama.

Kadishub menjelaskan secara terperinci juga tempat/titik-titik yang harus dijaga sehingga dapat dimengerti dan untuk pengamanan dikembalikan kepada DANREM dan KARO OPS untuk penempatan personil/pasukan pada Jalur tersebut.

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANJAR TAK KENAL LELAH

Martapura – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar beserta Staf Jajarannya (anggota) tak mengenal kata lelah dalam peringatan Haul Abah Guru Sekumpul ke-13, dalam hal pengaturan pengamanan jalur haul.

Dikatakan bahwa peringatan haul yang ke-13 Tahun 2018 ini LUAR BIASA, kenapa dikatakan luar biasa??

“Salah satunya adalah karena peringatan haul ini dihadiri oleh PRESIDEN REPUBLIK INDONESI Bpk. Ir. H. Joko Widodo bersama Ibu Iriana dan juga bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ketika mendarat juga ada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono”.

Kepala Dinas Perhubungan beserta Staf Jajarannya menyiapkan segala halnya mulai dari persiapan dengan berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, menyiapkan rencana jalur yang digunakan untuk haul, meninjau lapangan jalur haul dan sampai pada hari H-nya pelaksanakan haul tersebut memerlukan waktu berbulan-bulan.

Kemudian pada puncak peringatan hari H-nya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP, langsung turun tangan memimpin proses pengamanan dan menurunkan seluruh anggota Dinas Perhubungan. Tidak semudah yang dipikirkan dalam pengamanan peringatan acara haul ini karena kami bertugas mulai dari hari Kamis Sore sampai tengah malam, dilanjutkan hari jum’at sore sampai tengah malam, dilanjutkan lagi sabtu sore sampai dini harinya dan pada puncaknya mulai minggu pagi sampai dengan senin pagi akan tetapi arus lalu lintas masih padat dengan segala kekuatan kami anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar masih tetap berjaga melalukan pengaturan arus lalu lintas sampai dengan hari Senin Sore, sebagai perumpamaan “Seragam Basah Kering di Badan” begitulah yang kami rasakan.

Memang peringatan Haul Abah Guru Sekumpul ke-13 ini jumlah jama’ah yang berhadir meningkat tajam dibandingkan peringatan-peringatah haul di Tahun sebelum-sebelumnya, kami harus bekerja ekstra dalam pengaturan arus lalu lintas peringatan haul ini, Peringatan Haul Abah Guru Sekumpul Ke-13 Tahun 2018 dirasa “MEMANG SUNGGUH LUAR BIASA”.

Pengaktifan lagi Traffic Light Simpang Empat Sekumpul

Martapura – Setelah beberapa hari traffic Light simpang empat sekumpul di flashing, hari ini sudah diaktifkan kembali, Selasa (27/03/2018).

Dalam acara peringatan Haul Abah Guru Sekumpul Ke-13 ini Traffic Light simpang empat sekumpul sudah beberapa hari diberlakukan Flashing dan menutup bukaan mediannya, mengapa demikian??

“Kebijakan tersebut diberlakukan karena digunakan untuk mengatur arus lalu lintas saat prosesi acara haul tersebut” dimana jalan sekumpul merupakan jalur utama untuk masuk kedalam lokasi acara sehingga tidak ada pergerakan membelok pada persimpangan tersebut yang dapat mengganggu arus lalu lintas dan pergerakan para jama’ah haul.

Pengaktifan tersebut dilakukan oleh Kepala Seksi Fasilitas Perhubungan Darat Riyantoni, SE beserta staf teknisi APILL, beliau mengatakan bahwa melihat berdasarkan situasi dan kondisi yang ada pada simpang empat sekumpul tersebut sudah kondusif atau arus lalu lintas sudah lancar seperti hari-hari biasanya. Dan kami hanya ingin mempermudah dan memperlancar arus lalu lintas yang ada, kasihan orang yang akan membelok pada simpang empat sekumpul harus memutar jauh pada putaran balik yang ada. Sehingga pengaktifan Traffic Light diberlakukan pada pagi hari ini tadi.

Ucapan Terima Kasih, KADISHUB BANJAR Kepada para awak media

Berfoto dengan para awak media

Martapura – Peringatan Akbar Acara Haul Abah Guru Sekumpul ke-13 telah usai dilaksanakan, tidak ada konflik yang begitu berarti semua berjalan lancar, aman dan tertib sesuai aturan atau kebijakan yang telah ditetapkan.

Dari di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Kadishub Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP mengucapkan rasa Terima Kasih yang tak terhingga kepada rekan-rekan pers dan media atas kesetiaannya mendampingi kami selama beberapa bulan yang lalu sampai sekarang dalam membantu menyebarkan Rekayasa Lalu Lintas yang telah dibuat dan informasi-informasi penting kepada masyarakat luas dalam persiapan peringatan Haul Abah Guru Sekumpul Ke-13.

Tanpa adanya para pewarta ini mungkin informasi-informasi penting itu tidak akan mungkin bisa sampai kepada masyarakat, karena merekalah kebijakan-kebijakan yang berlaku pada peringatan haul ini sampai kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat tahu akan aturan yang diberlakukan pada peringatan haul ini, sehingga para masyarakat (jama’ah) yang berhadir pada acara tersebut berperilaku disiplin dan tertib.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para awak media atas pemberitaan hal-hal yang positif pada peringatan Haul Akbar ini “Big Thanks for All Media”.

KADISHUB BANJAR Ucapkan Terima Kasih Kepada Seluruh Relawan Yang Ikut Mengatur Jalur Membantu Tugas DISHUB Dalam Menerapkan Rekayasa Lalu Lintas Pada Haul Abah Guru Sekumpul Ke-13

Martapura – Peringatan Akbar Acara Haul Abah Guru Sekumpul Ke-13 telah usai dilaksanakan, banyak cerita suka dan duka yang telah dirasakan pada peringatan acara haul ini. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP mengucap syukur Alhamdulillah seluruh rangkaian prosesi peringatan acara Haul Abah Guru Sekumpul ke-13 telah selesai dilaksanakan tanpa ada konflik yang begitu berarti, semua berjalan lancar, aman dan tertib.

Secara khusus Kadishub mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh relawan yang telah melaksanakan tugasnya dengan maksimal sesuai aturan yang berlaku.

“Terima kasih saya ucapkan untuk seluruh anggota RAPI yang telah memberikan Informasi secara Update kepada seluruh masyarakat”

“Terima Kasih saya ucapkan untuk seluruh anggota ORARI yang telah menyelamatkan atau membagi frekuensi pada setiap zona sehingga informasi yang ada terpantau pada Posko Induk sehingga kalau ada kebijakan bisa segera sampai informasinya pada korlap zona tersebut”

“Terima Kasih saya ucapkan untuk seluruh anggota BUSER yang telah membantu suplay  untuk keperluan dapur umum dan emergensi dan juga pengamanan jalur haul”

Puluhan ribu para relawan yang bekerja bersinergi dengan anggota kami, hal tersebut sangatlah membantu sekali tugas dari kami. Tanpa kami minta para relawan tersebut dilapangan bekerja mengatur arus lalu lintas dan apalagi peringatan haul kali ini sedikit diguyur hujan akan tetapi para relawan tidak pantang surut walaupun hujan mengguyur, mereka bekerja tanpa pamrih tak ada yang mengharapkan imbalan materi apapun. Semoga jerih payah mereka bernilai ibadah dan hanya mengharapkan ridho dan barokah dari Allah SWT.

Keberadaan para relawan di setiap lokasi pengamanan jalur haul bagaikan tetesan embun di gerah terik matahari. Semangat pengabdian yang menempatkan sisi kemanusiaan di atas segalanya demi membantu sesama. Meninggalkan kenyamanan sehari-hari, menyatu dan membaur dalam kerumunan jutaan jema’ah bukanlah sesuatu yang mudah dan tidak setiap orang mau melakukannya. Terimakasih untuk semua pengorbananmu.

Dishub Banjar Mengganti dan Memperbaiki Rambu Lalu Lintas Rusak

Martapura – Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar mengganti dan memperbaiki sejumlah rambu lalu lintas di ruas-ruas jalan kota Martapura untuk kelancaran, kenyamanan dan keselamatan arus lalu lintas.

“Bekerja Siang Malam untuk mengganti dan memperbaiki warning light disejumlah titik diruas – ruas jalan di Kota Martapura sebagai bentuk perawatan yang berdampak pada kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat Dishub Kabupaten Banjar Faisal, ST.

Menurut Kabid Lalu Lintas Perhubungan Darat, Dishub Banjar akan mengganti dan memperbaiki sejumlah warning light diruas jalan Kota Martapura yang terletak diantaranya yaitu di simpang Jalan Sekumpul, di simpang Menteri Empat, Simpang Bincau, di Darussalam, di simpang breman dan masih banyak lagi di sejumlah jalan di Kota Martapura.

Penggantian itu dilakukan karena kondisi lampu lalu lintas sudah mengalami kerusakan parah serta usianya sudah cukup tua sehingga tidak dapat berfungsi sebagai rambu lalu lintas dan perbaikan dilakukan karena kondisi warning light tersebut masing bagus dan hanya beberapa komponen saja yang rusak.

Beliau juga menjelaskan bahwa anggotanya juga melakukan perawatan `traffic light` disimpang empat Sekumpul, Meskipun traffic light tersebut masih belum aset milik Dishub Banjar tetap kami lakukan perawatan karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya, padahal jalur tersebut merupakan jalur lintas utama dan padat lalu lintasnya.

Traffic light tersebut merupakan traffic light bertenaga surya pada kondisi cuaca yang seperti ini, wajar apabila sering terjadi trouble karena kurangnya pasokan cahaya matahari yang akan disimpan dibatrei karena cuaca hujan maupun mendung. Sehingga diharap maklum kalau ada trouble dengan cuaca yang hujan ataupun mendung karena batreinya tidak menyimpan listrik.

 

Dishub Banjar Memasang Banner Rambu Perintah dan Banner Rambu Larangan Parkir, Pada Acara Haul Abah Guru Sekumpul ke-13

Martapura – Jum’at (23/03/2018) Sore, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar mulai memasang Banner Rambu Perintah Memarkir Kendaraan para jama’ah dan Banner Rambu Larangan Parkir baik dibahu jalan maupun dibadan jalan disepanjang kawasan KTL Jalan A. Yani.
Banner Rambu tersebut dibuat dan digunakan sebagai peralatan pengamanan khusus untuk acara haul abah guru sekumpul dan juga digunakan untuk memberikan kenyamanan serta kelancaran lalu lintas pada saat acara tersebut. Hal tersebut disiapkan karena mengingat jumlah jama’ah haul mencapai jutaan orang.


Dijelaskan untuk banner Rambu yang dipasang ada 2 jenis yaitu Rambu Perintah dan himbauan kepada para jama’ah bahwasannya putaran arah (U-Turn) akan ditutup sepanjang 2 Km pada jalan A. Yani akan tetapi putaran arah bisa dibuka melihat situasi dan kondisi arus lalu lintas pada ruas tersebut, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tundaan kendaraan pada putaran arah sehingga dapat menimbulkan gangguan atau kemacetan arus lalu lintas dan diperintahkan para jama’ah untuk memarkir kendaraannya sesuai dengan petunjuk lokasi parkir per-arah tujuan berdasarkan kebijakan yang berlaku.

Selanjutnya, yaitu Banner Rambu Larangan Parkir di Bahu maupun Badan Jalan Sepanjang Kawasan KTL Jalan A. Yani. Hal tersebut dilakukan untuk kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas pada Jalan A. Yani, apabila ada kendaraan yang diparkir sembarangan dibahu maupun dibadan jalan hal tersebut akan terganggu arus lalu lintas yang ada karena ruang gerak kendaraan pada ruas jalan tersebut terpenuhi kendaraan parkir akibatnya menyempitnya ruas jalan tersebut sehingga terjadilah kemacetan. SANKSI tegas diberlakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar bagi para jama’ah yang memarkir kendaraannya dibahu maupun dibadan jalan yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas, maka akan kami DEREK kendaraan tersebut. Karena pada acara tersebut kami telah menyiapkan mobil derek.
Untuk itu kami Himbaukan kepada para jama’ah agar berprilaku disiplin, mematuhi semua peraturan yang telah dibuat dan mematuhi semua arahan dari petugas.

AMANKAN HAUL ABAH GURU SEKUMPUL, DINAS PERHUBUNGAN KAB. BANJAR GELAR TACTICAL FLOOR GAME

Martapura – Acara Peringatan Haul Abah Guru Sekumpul ke-13 akan segera dilaksanakan, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar menggelar Tactical Floor Game (TFG), Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar, Senin (19/03/2018) Sore Hari yang di ikuti oleh instansi terkait seperti Kodim 1006, Polres Banjar, Satpol PP, Dishub Banjar, Dinas Kesehatan dan para Relawan Ar-Raudah. Pada acara tersebut juga dihadiri oleh para tamu undangan yaitu Bupati Banjar, Kajari, Polres Banjar, Kasdim 1006, Sekda Kab. Banjar serta para Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP, menjelaskan, TFG ini nantinya akan menjadi barometer pelaksanaan pengamanan diseluruh Area/Zona Peringatan Haul yang tetal ditetapkan. Menurutnya, Tactical Floor Game merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana aksi pengamanan yang telah disusun.

Beliau juga memaparkan tentang cara bertindak seluruh personil yang terlibat pengamanan saat akan bertugas dilapangan menghadapi kepadatan/kemacetan arus lalu lintas pada ruas jalan pada setiap zona dan alur arus kedatangan, kepulangan dan juga peruntukan lokasi parkir.

“TFG pada dasarnya bertujuan untuk mengantisipasi adanya kendala dilapangan saat personil bertugas karena acara ini merupakan acara yang besar dan dihadiri oleh jutaan jama’ah sehingga tidak dipungkiri akan terjadinya kendala/trouble di lapangan, dengan adanya TFG ini diharapkan para personil dapat mengerti dan memahami tindakan yang akan dilakukan apabila terjadi kendala.

 Ade juga menambahkan, bahwa saat pada saat pengamanan nanti personil yang terdata ditempat kami untuk relawannya sendiri berkisar kurang lebih 10.200 relawan untuk membantu pengamanan.

Danrem dan Danlanal Berkunjung ke Sekumpul

Martapura – Sehubungan semakin dekatnya hari H peringatan Haul Abah Guru Sekumpul ke-13, Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putra Jaya, S.E., M.M dan Komandan Lanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Wijayanto dengan didampingi oleh Komandan Kodim 1006 Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil S.sos berkunjung ke Sekumpul (komplek Ar-Raudah) Rabu (21/03/2018) malam, disitu mereka disambut dengan hangat oleh para Ulama Ar-Raudah, Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar dan juga disambut oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP beserta Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat Faisal, ST.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pengecekan persiapan peringatan acara haul abah guru sekumpul ke-13. Secara umum kunjungan tersebut melihat kondisi lokasi acara haul dimana melakukan pengecekan pada jalur evakuasi dan lokasi parkir untuk VIP dan lokasi parkir disekitar lokasi acara.

Dengan membawa peta global jalur kedatangan dan kepulangan Dinas Perhubungan didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat menjelaskan prosesi alur masuk dan keluar para jama’ah, Prosesi pengamanan Jalur VIP dan Lokasi Parkir VIP dan juga untuk alur evakuasi. Semua dijelaskan dengan terperinci sehingga Danrem dan Danlanal mengerti dan mengtahui kebijakan yang telah dibuat dan disepakati oleh Instansi terkait.

Beliau memastikan bahwa kesiapan peringan haul ini sudah mencapai 95% sehingga dalam waktu yang kurang beberapa hari ini akan melengkapi kekurangannya untuk acara tersebut, sehingga peringatan acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses.