Dinas Perhubungan Kab. Banjar Mendapat Bantuan Kementerian Perhubungan untuk pembangunan Dermaga Aranio Untuk Tahun Anggaran 2019

Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan bersama seluruh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti pembahasan Pagu Kebutuhan Tahun Anggaran 2019 dengan Kementerian Perhubungan, bertempat di Haris Vertu Hotel – Jl. Hanyam Wuruk No. 6 Rw. 2 Gambir Jakarta Pusat. Sebagai tindak lanjut Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat se-Kalimantan Selatan (Usulan RKA-K/L T.A 2019) di Banjarmasin tanggal 18 Januari 2018.

Pada Kesempatan ini Kabupaten Banjar dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Banjar Drs. H. M. AIDIL BASITH, M.AP serta didampingi oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat FAISAL, ST. Pak Kadis memaparkan langsung beberapa Rencana Project/Kegiatan yang telah disusun oleh Dinas Perhubungan Kab. Banjar untuk menjadikan Kab. Banjar lebih Bagus.

Salah satu Rencana Kegiatan yang dipaparkan adalah pembangunan Dermaga di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar (Riam Kanan), dengan pemaparan kegiatan tersebut sebagai bahan pertimbangan Kementerian Perhubungan mengalokasikan/membantu dana untuk pembangunan Dermaga tersebut, dengan bahan yang sudah disiapkan oleh Dinas Perhubungan Kab. Banjar yaitu semua jenis Persyaratan/Dokumen Kelengkapan yang dibutuhkan untuk pembangunan Dermaga tersebut.

Dari Hasil pemaparan tersebut kementerian perhubungan menyetujui membantu mengalokasikan dana untuk Project Pembangunan Dermaga di Desa Tiwingan Lama Kec. Aranio Kab. Banjar yang sudah masuk Renstra Kementerian Perhubungan, besaran bantuan yang dianggarkan oleh Kementerian Perhubungan untuk Pembangunan Dermaga pada Tahap I Sebesar 10 Milyar dan bantuan Speedboat untuk Patroli Keselamatan SDP Senilai 500 Juta. Dengan mengucap syukur alhamdulillah mudahan dapat terbangun/terealisasi Dermaga tersebut di Tahun 2019.

Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat Se-Kalimantan Selatan

Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat Se-Kalimantan Selatan Tahun 2018, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan di Banjarmasin pada tanggal 8 Januari 2018 bertempat di Tree Park Hotel Banjarmasin. Tema Rakornis ini adalah “Usulan RKA-K/L Tahun 2019”.

Pada Rakornis Ini yang dipimpin oleh Kepala BPTD Wil. XV Provinsi Kalimantan Selatan ARDONO, ATD, MT, sebagai Moderator yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. SYAMSUDDIN, M.Si, dan sebagai Nasumber yaitu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. RUSDIANSYAH, SH, MH.

Peserta Rakornis terdiri dari Unsur Seluruh Dinas Perhubungan di wilayah Kalimantan diantaranya adalah : Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Dinas Perhubungan Kab. Banjar, Dinas Perhubungan Kab. Kotabaru, Dinas Perhubungan Kab. Tanah Bumbu, Dinas Perhubungan Kab. Balangan, Dinas Perhubungan Barito Kuala, Dinas Perhubungan Kab. Tapin, Dinas Perhubungan Kab. Tabalong, Dinas Perhubungan Kab. Tanah Laut, Dinas Perhubungan Hulu Sungai Selatan, Dinas Perhubungan Hulu Sungai Tengah dan Dinas Perhubungan Hulu Sungai Utara. Maksud dari kegiatan tersebut adalah sebagai media sinkronisasi/Menyiapkan pagu kebutuhan Tahun Anggaran 2019 Ditjend Perhubungan Darat BPTD Wil. XV Kalsel untuk kebutuhan pembangunan / pengembangan transportasi darat seperti (perlengkapan Fasilitas Keselamatan Jalan, Halte Sungai, Rambu Sungai, dsb) sesuai yang dibutuhkan pada daerah masing-masing.

Pada kesepatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kab. Banjar Drh. H. MAWARDI dan didampingi oleh Kepala Sub Perencanaan & Keuangan Hj. FARIDA PURNAMAWATI, ST. Berupaya mengusulkan segala kebutuhan sarana dan prasarana bidang perhubungan demi menunjang kinerja perhubungan kab. Banjar dan juga untuk mempersiapkan project nasional pemerintah tentang transportasi massal yaitu project BRT (Bus Rapid Transit) dan kereta api di Kalimantan Selatan.

Dinas Perhubungan Kab. Banjar Gelar Rapat Terbatas Untuk Kesiapan Menghadapi “HAUL ABAH GURU SEKUMPUL KE-13”

Kamis, 18 Januari 2018. Bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Rapat Terbatas ini digelar, rapat tersebut dihadiri oleh tim dan instansi terkait yaitu dari Dinas Perhubungan sendiri, Sat Lantas Polres Banjar dan Tim Relawan Ar-Raudah, karena kegiatan ini sudah menjadi agenda kegiatan yang pasti dilaksanakan tiap tahun.

Pada rapat ini yang dipimpin oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat FAISAL, ST membahas untuk kesiapan Jalur masuk dan keluar untuk acara Haul ke-13 tersebut, berkaca pada pengalaman kegiatan yang dilaksanakan pada tahun yang lalu maka Dinas Perhubungan Kab. Banjar senantiasa untuk memberikan terobosan/kebijakan demi mensukseskan acara tersebut.

Dengan melakukan olah data dan Manajemen Rekayasa pada rapat tersebut yang didasari pada kegiatan acara Haul Tahun lalu maka Dinas Perhubungan Kab. Banjar Optimis dan menyiapkan langkah-langkah kebijakan untuk acara “HAUL ABAH GURU SEKUMPUL KE-13” berjalan dengan lancar dan lebih baik daripada tahun yang lalu.

Diharapkan juga pada masyarakat yang akan berhadir pada acara tersebut harus Disiplin dan tertib pada kebijakan yang berlaku.

Sosialisasi Penyuluhan Bahaya Kanker Pada Acara Dharma Wanita Dinas Perhubungan Kab Banjar

WhatsApp Image 2018-01-10 at 9.42.22 AMMARTAPURA – Dharma Wanita Persatuan Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, mengadakan kegiatan “Penyuluhan Kanker Serviks, Kanker Payudara & Kanker Prostat bagi laki-laki” di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, kemarin (9 Jan 2018).

Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi dan edukasi kepada para peserta yang hadir untuk memahami penyakit Penyuluhan Kanker Serviks, Kanker Payudara & Kanker Prostat bagi laki-laki.
Pada kesempatan itu hadir Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Drs. H. M. Aidil Basith, M.AP  sekaligus membuka acara sosialisasi secara resmi.

Untuk memberikan sebuah informasi dan edukasi terkait “Kanker Serviks, Kanker Payudara & Kanker Prostat bagi laki-laki” maka Ibu-ibu Dharma Wanita Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar mengadakan Penyuluhan tentang bahaya penyakit tersebut dan cara pencegahan terhadap penyakit tersebut, kegiatan ini disampaikan atau dipimpin langsung oleh Ketua Dharma Wanita Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Hj. Laila Nurhayati, S.Sos dengan didampingi oleh anggota pengurus Dharma Wanita Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar.

Narasumber memberikan informasi kepada peserta yang hadir agar lebih memahami terkait Kanker Serviks, Kanker Payudara & Kanker Prostat bagi laki-laki merupakan masalah global di dunia terutama di negara berkembang, karena jumlah penderitanya terus meningkat.

“Demikian pula kematian yang diakibatkan juga meningkat. Kanker Serviks, Kanker Payudara & Kanker Prostat bagi laki-laki merupakan dua jenis kanker penyebab kematian tertinggi wanita Indonesia,”
Kejadian kanker ini, kata dia, sangat mempengaruhi hidup penderita dan keluargannya serta juga sangat mempengaruhi sektor pembiayaan kesehatan oleh pemerintah. Hal ini adalah sebuah ironi, karena penyakit ini sebetulnya dapat dicegah.

Oleh sebab itu, papar Hj. Laila Nurhayati, S.Sos, peningkatan upaya penangganan kanker serviks terutama dari segi pencegahan, sangat diperlukan. Upaya promotif-preventif ini diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.

“Dengan adanya upaya pencegahan secara dini untuk Kanker Serviks, Kanker Payudara & Kanker Prostat bagi laki-laki. Kejadian kanker dapat dicegah lebih awal dari sehingga untuk keberhasilan pengobatan pun menjadi semakin besar,” sebut Hj. Laila Nurhayati, S.Sos.
Selain itu, pemerintah juga telah memperkenalkan vaksin HPV yang efektif mencegah serangan virus penyebab kanker serviks,” terang Hj. Laila Nurhayati, S.Sos.

 

Rute Menuju Acara Festival Durian di Desa Biih Kabupaten Banjar

WhatsApp Image 2018-01-08 at 3.36.17 PM    Dalam memeriahkan Acara Festival Durian yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar di Desa Biih pada hari minggu (11/01/2018), Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan jajaran terkait untuk membuat Rekayasa Jalur menuju Desa Biih. Seperti yang disampaikan oleh Sekda Banjar dalam acara tersebut akan dihadiri oleh SekJen Kementerian Pertanian RI, Gubernur Kalimantan Selatan serta Bupati Banjar selaku tuan rumah, maka dihimbau kepada masyarakat yang ingin datang menyaksikan Festival Durian tersebut dapat tertib dalam berlalu lintas dan mentaati segala rambu maupun petugas yang sedang bertugas dilapangan.

    Desa Biih adalah satu dari 20 desa di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Mungkin semua orang di Kalimantan Selatan pernah mendengar nama desa ini, tidak banyak yang tahu pasti di mana lokasinya dan banyak yang tidak pernah ke sana, namun kalau disebut durian Biih, pasti banyak yang tahu dan pernah merasakannya. Desa Biih yang berjarak sekitar ±17 km dari Kota Martapura, pengunjung bisa melewati Jalan Melati dan masuk melalui Desa Mali-Mali, atau bisa mengikuti rute jalur pada gambar diatas.

   Durian yang ada di Biih adalah durian yang matang dipohon dan jatuh dari pohonnya bukan durian yang dipetik saat mentah dan diperam. Durian tersebut biasanya dijual dengan kisaran harga 15rb – 100rb sesuai ukuran durian, dilokasi wisata juga telah disediakan beberapa gazebo untuk bersantai sambil menikmati durian asli Biih yang memiliki cita rasa khas , namun banyak juga pengunjung yang sengaja membawa karpet tikar untuk lesehan dan menikmati durian disekitar rimbunnya pepohonan durian.